Beranda Berita Jelang Pemilu 2024 Bawaslu Siap Rancang Indeks Kerawanan Pemilu Tematik

Jelang Pemilu 2024 Bawaslu Siap Rancang Indeks Kerawanan Pemilu Tematik

2184
0
Bawaslu Siap Rancang Indeks Kerawanan Pemilu Tematik
Bawaslu Siap Rancang Indeks Kerawanan Pemilu Tematik

Lima Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tematik akan segera dirilis Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu). Sebelum kampanye Pemilu 2024 berlangsung, IKP Tematik akan diperkenalkan dalam waktu dekat.

“Sebelum penetapan calon  dan sebelum proses kampanya dimulai, Bawaslu akan meluncurkan lima indeks kerawanan pemilu tematik,” ujar anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty.

Banner Iklan Calegmu

Kelima tematik ini antara lain yaitu politik uang, netralitas ASN, politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), kampanye media sosial, dan pemilu luar negeri.

“Peluncuran lima IKP tematik ini akan diluncurkan dalam waktu dekat. Di mana peluncurannya? Menurut hasil IKP, tempat peluncurannya dilaksanakan di provinsi dengan kerawanan paling tinggi terjadi,” ungkapnya.

Baca Juga: KPU dan Jurnalis Siap Sukseskan Tahapan Pemilu 2024

Lolly juga menjelaskan bahwa IKP Tematik dimaksudkan untuk menjawab berbagai persoalan yang belum bisa sepenuhnya terjawab dalam IKP Besar di 2022. Hal itu mengingat IKP 2022 masih banyak memberikan pekerjaan rumah (PR) yang berkenaan dengan netralitas penyelenggara pemilu.

“IKP yang diluncurkan sejak 2022 sudah menjadi hal yang kami distribusikan ke berbagai pihak untuk melakukan mitigasi risiko. Ternyata setelah proses tersebut berjalan, Bawaslu melihat ada kebutuhan untuk merumuskan IKP Tematik,” pungkasnya.